Alogaritma Google Panda 4.0 Diluncurkan! Sudah Siapkah Web/Blog Anda?

google panda 4
Belum selesai rasanya trauma akan imbas Alogaritma Google Pingun pada 24 Mei 2012 lalui melalui Google Webmaster Tool Unnatural Link Warning (Peringatan Akan Link Yang Tidak Alami Dari Tool Webmaster Google), yang begitu mengejutkan dan menjadi mimpi buruk bagi para webmaster beberapa bulan lalu, yang juga sempat menghempaskan begitu banyak web dan blog dari posisi SERP-nya, termasuk beberapa website kami yang tertendang jauh kebelakangng dari posisi SERP yang biasanya, baru-baru ini terdengar kabar yang lebih mengejutkan yang berhubungan dengan akan diluncurkannya Alogaritma Google Panda 4.0. Terhitung sejak tanggal 26 bulan ini, Google kembali telah meng-update alogaritma mereka, dan tentunya berita ini akan mengejutkan dunia webmaster.

Bagi Anda yang mungkin mengkuti perkembangan alogaritma Google, pastinya sudah mengetahui bahwa pada 25 Juni lalu, Alogaritma Google Panda 3.8 telah diluncurkan, dimana Google akan mereferesh data-datanya setiap bulan, dengan demikian akan terlihat jelas adanya perubahan lalu lintas/traffic setiap bulannya. Dan pada Alogaritma Google Panda 4.0 terbaru yang diluncurkan saat ini, biasanya akan membawa semua jejak-jejak atau track-record terdahulu dari sebuah web atau blog, dan itu akan digunakan untuk menjatuhkan hukuman pada sebuah situs web/blog yang berupaya meningkatkan ranking (baik ranking dalam meningkatkan jumlah visitor maupun page rank dan sebagainya) dengan cara-cara yang tidak sejalan dengan ketentuan Google.

Berikut adalah Official Tweet dari Google sehubungan dengan Update Alogaritma Terbarunya:
google update

Lalu apa yang harus kita lakukan agar web/blog kita tidak terkena imbas dari setiap adanya update dari alogaritma Google yang setiap waktu terus perbaharui? Dari sedikit pengamatan saya, Alogaritma Google akan menjatuhkan hukuman kepada web/blog sebagai berikut :
  • Web/blog dengan kualitas konten/isinya yang rendah
  • Web/blog dengan Bounce Rate yang tinggi
  • Web/blog yang memiliki banyak broken link (link 404)
  • Web/blog dengan halaman yang terindeks Google sebagai halaman yang tidak bermanfaat
  • Web/blog yang dioperasikan sebagai web/blog ladang link
  • Web/blog dengan struktur SEO yang tidak tepat.
  • Web/blog  dengan duplikat konten
  • Web/blog  yang terlalu banyak iklan
  • Web/blog  yang miskin akan penataan bahasa (Grammar)
  • Web/blog  yang waktu loading terlalu panjang /berat
  • Web/blog yang terlau berlebihan dalam optimalisai SEO (Black hat SEO)

Salah satu cara yang mudah untuk mengetahui apakah penurunan lalu lintas/traffic dari situs web/blog Anda adalah karena imbas dari alogaritma Google tersebut atau karena sesuatu yang lain, adalah dengan menganalisa tanggal penurunan lalu lintas/traffic tersebut dengan Tabel Tanggal update-nya Alogaritma Google yang bisa Anda download dibawah ini.

google pagerank update

Alogaritma Google Panda yang saya dengar terakhir update (yaitu Alogaritma Google Panda 3.9) terjadi pada tanggal 18 Juli lalu saat Google meluncurkan Updatenya untuk bahasa Jepang dan bahasa Korea, yang berimbas pada web atau blog-blog disana sekitar <5%.

Yang membuat saya bingung, mengapa Alogaritma Google Panda masih terus di update sementara Alogaritma Google Pingiun yang dianggap sebagai penggantinya sudah diluncurkan pada Mei 2012 lalu? Namun apapun alasannya, yang terpenting sekarang adalah mempersiapkan web/blog kita agar tidak terkena imbas dari setiap adanya Update Alogaritma Google selanjutnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah mempersiapkan web/blog Anda untuk setiap update dari alogaritma Google ini?



Informasi Artikel:
Deskripsi: Alogaritma Google Panda 4.0 Diluncurkan! Sudah Siapkan Web/Blog Anda?
Diulas oleh: Blog Jasa Penerjemahan
Ulasan: Alogaritma Google Panda 4.0
Rating: 4.5