Penerjemahan Nama Anda Dalam Bahasa Jepang

penerjemahan nama
Saat ini, seperti halnya dengan kita, kebanyakan orang-orang Jepang mulai menyukai penggunaan menggunakan simbol-simbol atau frase-frase bahasa Inggris pada setiap T-shirt atau desain perhiasan, dan sebaliknya kita pun mulai menyukai penggunaan karakter Kanji Jepang yang unik untuk desain-desain T-Shirt dan lain sebagainya. Penggunaan paling populer dan paling disukai dari simbol atau karakter bahasa Jepang adalah untuk desain seni tatoo. 

Untuk itu, pada artikel kali ini akan kita ulas bagaimana nama Anda bisa diterjemahkan dan ditulis ke dalam simbol-simbol atau huruf Kanji Jepang.

Pada dasarnya, penulisan nama orang selain dari orang Jepang asli, hanya bisa ditulis dalam huruf katakana saja, dimana huruf katakana memang dikhususkan untuk menuliskan hal-hal asing diluar dari bahasa Jepang. Namun, dengan semakin banyaknya orang asing yang tertarik akan keunikan dari simbol-simbol Kanji Jepang, maka diupayakanlah sistem penulisan nama orang asing dengan menggunakan huruf-huruf Kanji Jepang.

Mengapa hanya menggunakan huruf Kanji saja? Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahasa Jepang menggunakan 3 script / simbol yang berbeda, yaitu  Kanji, Hiragana dan Katakana, namun simbol Jepang yang paling populer untuk desain tatoo saat ini adalah Kanji.

Proses penulisan nama asing dengan huruf atau simbol Kanji Jepang dilakukan dengan banyak cara. Untuk nama yang memang mengandung arti umumnya dimulai dengan proses menerjemahkan nama tersebut ke bahasa Jepang dan kemudian melalui metode pendekatan arti atau makna dari nama akan dipilih simbol kanji yang sesuai. Sedangkan untuk penulisan nama asing yang tidak mengandung arti adalah dengan pemilihan simbol-simbol Kanji yang pengucapannya akan disesuaikan dengan nama yang akan diterjemahkan dan mengupayakan terciptanya makna atau arti yang bagus dari nama tersebut.

Sebagai contoh, kita akan menulis nama AMANDA dalam simbol-simbol Kanji Jepang. Secara umum nama AMANDA sendiri bisa berarti "CINTA". Dari pendekatan makna atau arti dari nama AMANDA tersebut, akan dapat dihasilkan simbol Kanji Jepang "Ai" yang juga berarti "CINTA" seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

penerjemah nama jepang

Contoh lainnya adalah pada penulisan untuk nama EMMA dimana nama tersebut sebenarnya tidak mengandung arti.. Dalam bahasa Jepang nama EMMA akan diucapkan menjadi "E" dan "MA", sehingga untuk penulisan nama EMMA akan menggunakan 2 simbol Kanji sebagai berikut sehingga akan tercipta makna atau arti yang bagus untuknya yaitu "Kebenaran Abadi".

terjemahan nama jepang
Simbol atau huruf Kanji Jepang memiliki 2 cara membaca yang bebeda dan juga memiliki suara yang berbeda. Cara baca tersebut disebutkan dengan Kunyomi dan Onyomi. Onyomi ini telah dikembangkan dari pengucapan Cina asli tapi selama berabad-abad telah disesuaikan menjadi bagian dari bahasa Jepang. Sedangkan kunyomi adalah kata dalam bahasa Jepang asli.

Jadi untuk menulis nama asing di luar nama orang Jepang asli umumnya akan menggunakan kedua cara baca tersebut yaitu Kunyomi dan Onyomi. Perbedaan dari kedua cara penulisan diatas adalah pada cara membacanya. Pada cara pertama, nama AMANDA akan dibaca menjadi "Ai", sedangkan pada cara kedua nama "EMMA" akan tetap dibaca menjadi "EMA".



Informasi Artikel:
Deskripsi: Penerjemahan nama Anda dalam bahasa Jepang
Diulas oleh: Blog Jasa Penerjemahan
Ulasan: Metode penulisan nama Anda dalam bahasa Jepang
Rating: 4