SEO Pada Penerjemahan Website

penerjemahan website
Melanjuti artikel terdahulu yang pernah mengulas hal-hal mengenai Penerjemahan dan SEO serta Hubungan Antara SEO dan Jasa Penerjemahan, pada artikel kali ini akan dibahas SEO Pada Penerjemahan Website. Memahami manfaat Internet pada strategi pemasaran adalah langkah pertama menuju pemahaman penting dan perlunya jasa penerjemahan website untuk mencapai bukan hanya pasar lokal yang notabene menggunakan bahasa asli, melainkan juga pasar global.

Saat ini sudah menjadi hal yang umum dimana kebanyakan orang menggunakan internet untuk mencari informasi guna memperoleh akses ke sumber daya yang mereka inginkan. Media internet telah mampu menjembatani kesenjangan antara kebutuhan pelanggan dan akses pelanggan yang memungkinkan setiap pengguna dapat mengakses semua informasi / layanan / produk yang mereka inginkan hanya dengan mengklik tombol saja. Kondisi yang demikian ini telah menyebabkan banyak perusahaan pemasaran dan lembaga untuk mengembangkan strategi pemasaran mereka dari radio dan TV untuk beralih ke kegiatan promosi secara online. Perubahan ini dikarenakan semakin sadarnya orang-orang saat ini akan adanya potensi yang sangat besar dari media internet yang dapat memfasilitasi kegiatan promosi mereka baik di pasar lokal maupun global untuk sebuah layanan atau produk.

Lantas Mengapa Sebuah Website Perlu Diterjemahkan Ke Bahasa Asing Tertentu?


Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sangat umum yang membawa kita kembali ke filosofi pemasaran. Setiap pelaku usaha tentunya akan berupaya untuk menerapkan strategi pemasaran yang akan membangun kesadaran akan jumlah maksimum segmen pelanggan yang akan tertarik pada produk dan jasa yang mereka tawarkan. Dengan filosofi pemasaran yang baik, sekali setiap pelaku usaha akan mendefinisikan tujuannya dan akan memiliki kesadaran bahwa pasar yang sesunggunya tidak hanya terbatas pada konsumen di negara mereka saja. Hal yang demikian tentunya telh disadari oleh setiap pelaku usaha, sehingga keinginan untuk mengalih bahasakan websitenya menjadi sebuah kebutuhan.

Penerjemahan dan lokalisasi produk atau layanan menawarkan kemungkinan memungkinkan pertumbuhan secara eksponensial yang lebih cepat dengan menghapus kendala bahasa atau budaya sehingga mencegah klien potensial akan lebih cepat memahami maksud dari sebuah penawaran, dan pada gilirannya klien akan membeli produk atau jasa yang ditwarkan tersebut.

Bahkan ketika sebuah website telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing pun terkadang masih timbul penghalang dimana konsumen luar masih kesulitan memahami sebuah penawaran produk atau jasa. Misalnya sebuah website yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris yang banyak menuturkan budaya-budaya yang berbeda, dimana idiom dalam bahasa Inggris dan konotasi kata-kata dapat berarti hal yang sama sekali berbeda dengan orang dari budaya yang berbeda. Di Inggris, istilah "bang" dapat memiliki konotasi seksual, sedangkan di AS, sesuatu yang dimulai dengan "bang" dapat berarti mendapatkan permulaan yang bagus. Persis sekali mengapa proses lokalisasi harus dilakukan oleh profesional yang tidak hanya akan menerjemahkan pesan ke dalam bahasa sasaran melainkan juga menulis konten dengan budaya target yang ada dalam pikiran. Menggunakan frase kunci dan kata-kata yang menarik bagi target pasar dan memastikan kembali bahwa pesan yang tepat telah disampaikan dari segi budayanya dan bukan dari luar. Hal ini aka menghasilkan kesuksesan dengan membangun kesadaran akan target pelanggan sehingga pada gilirannya pendapatan akan meningkat.

Multilingual SEO dan Lokalisasi

Definisi SEO adalah Search Engine Optimization yang artinya mengoptimalkan website sedemikian rupa sehingga mesin pencari akan menganggap isinya lebih relevan dengan kata kunci tertentu yang diketik oleh pengguna pada kotak pencarian.

Sebelum konsumen dapat memahami konten yang telah diterjemahkan dan melihat bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memenuhi kebutuhan mereka, upayakan agar konsumen terlebih dahulu mengenali website yang menyediakan kebutuhannya tersebut. Strategi SEO yang efektif harus mampu membangun kesadaran kosumen akan sebuah merek dan memungkinkan pelanggan potensial untuk menemukan jasa atau produk yang menyertainya melalui lokalisasi dan optimalisasi website untuk suatu bahasa tertentu.

Berdasarkan penelitian, jika sebuah website tidak terindeks di urutan kedua puluh pertama pada mesin pencari, maka kegiatan promosi website tersbut bisa menjadi tidak efektif lagi! Sembilan puluh persen dari seluruh pengguna internet tidak ingin repot-repot mencari lebih hingga jauh dari dua halaman pertama dari hasil pencarian. Potensi konsumen sangat tergantung pada pada mesin pencari lokal dan utama untuk menemukan produk dan layanan yang mereka inginkan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan dengan demikian diperlukan optimasi yang lebih besar dari sebuah website. Menggunakan SEO profesional yang memahami bahasa tertentu dan pemahaman budaya yang baik dapat menempatkan sebuah website muncul di dua halaman pertama dari hasil pencarin.

Mereka yang ahli dalam strategi SEO tentunya menyadari bahwa kesuksesan jangka panjang akan dapat dicapai bila memahami betul semua unsur yang dibutuhkan untuk alogaritma pencarian dari seuah mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Kemudian juga harus paham bahwa proses optimalisasi tersebut membutuhkan waktu dan tidak dapat dilakukan semalam atau hanya dalam beberapa hari karena merupakan proses matematis yang menuntut penelitian dan waktu untuk setiap bidang tertentu.

Mengoptimalkan website yang multibahasa untuk semua mesin pencari utama dan lokal akan membantu meningkatkan jumlah kunjungan pada website tersebut hingga tiga ratus persen dan kadang-kadang lebih, sehingga hal ini dapat menyebarkan pesan ke setiap pasar asing.

Sebagai kesimpulan, dalam sebuah proyek penerjemahan untuk konten website dan Search Engine Optimization (SEO) akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pendekatan non-profesional sering dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan baik untuk bisnis penerjemahan dan SEO. Setiap prosesnya menuntut pengetahuan profesional dan pengalaman yang memungkinkan seseorang untuk mewakili bisnisnya dengan cara yang paling profesional untuk pasar yang lebih luas. Penerjemahan konten website dan optimalisasi di search engine akan mengoptimalkan keduanya sehingga kegiatan promosi online pun akan dapat dijalankan secara efektif.



Informasi Artikel:
Deskripsi: SEO Pada Penerjemahan Website
Diulas oleh: Blog Jasa Penerjemahan
Ulasan: Pentingnya seo pada penerjemahan website
Rating: 4