Belajar Menulis Hiragana

belajar menulis hiragana
Sebagaimana yang pernah diulas pada artikel mengenai Pengenalan Metode Penulisan Dalam Bahasa Jepang, bahwa dimasa lalu, dalam bahasa Jepang hanya mengenal 3 sistem penulisan yaitu Hirgana, Katakana dan Kanji. Kemudian seiring dengan perkembangan zaman, sistem penulisan tersebut selanjutnya mengalami penambahan dengan ditambahkannya sistem penulisan Romaji (yaitu huruf-huruf alfabet dari A sampai Z) yang kita gunakan saat ini. Sehingga saat ini sistem penulisan dalam bahasa Jepang merupakan gabungan dari keempat sistem penulisan Hiragana, Katakana, Kanji dan Romaji.

Pada artikel kali ini akan dibahas dasar-dasar tentang bagaimana menulis Hiragana. Apakah sebenarnya Hiragana itu? Hiragana adalah salah satu dari tiga rangkaian karakter (yaitu, Kanji, Hiragana dan Katakana) yang digunakan dalam bahasa Jepang, dan Hiragana juga merupakan dasar dari alphabet dalam bahasa Jepang. Hiragana digunakan secara luas untuk membentuk kalimat.

Setiap huruf Hiragana merupakan sebuah suku kata yang diwakili dengan bunyi yang sama. Sehingga, secara teoritis siapapun akan dapat dengan mudahnya mempelajari huruf-huruf Hiragana.Semua kalimat yang ditulis dengan huruf Hiragana akan menciptakan teks yang hampir tidak terbaca meskipun secara teoritis Anda dapat menulis segala hal dengan Hirgana. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dalam bahasa Jepang, penulisannya dilakukan tanpa menggunakan spasi.

Huragana merupakan huruf yang wajib dikuasai sejak anak-anak mulai masuk bangku sekolah dasar di Jepang. Selain belajar membaca dan menulis, para siswa sekolah dasar tersebut juga diajarkan bagaimana menulis Hiragana dengan benar. Jadi, pada penulisannya pun tidak serta merta ditulis begitu saja, melainkan ada cara atau metode khusus untuk menulis Hiragana.

Sebagaimana yang terlihat pada gambar diatas, setiap huruf memiliki cara penulisan tersendiri dan setiap coretan yang ditandai dengan angka adalah urutan cara penulisan Hiragana. Selain dari cara penulisan diatas dianggap cara penulisan yang salah dalam menulis Hiragana.

Bagaimana? Menarik bukan?

Bagi Anda yang berminat untuk Belajar Menulis Hiragana, kami sediakan lembar khusus untuk latihan menulis Hirgana komplit yang Anda dapat download langsung. Semoga bermanfaat.




Informasi Artikel:
Deskripsi: Belajar Menulis Hiragana
Diulas oleh: Blog Jasa Penerjemahan
Ulasan: Metode dasar penulisan hurup hiragana
Rating: 4