Pengenalan Metode Penulisan Dalam Bahasa Jepang

penulisan bahasa jepang
Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang paling unik di dunia. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan dalam metode penulisannya menggabungkan berbagai macam bentuk huruf. Huruf-huruf tersebut  adalah hiragana, katakana dan kanji. Setiap jenis huruf atau karakter tersebut memiliki fungsi dan peranan tersendiri. Dengan kata lain, bahasa Jepang tidak dapat ditulis dengan kanji saja atau dengan hiragana saja atau juga dengan katakana saja, melainkan gabungan dari ketiga karakter tersebut. Ingin tau lebih lanjut mengenai hal tersebut? Pada artikel kali ini akan dibahas Pengenalan Metode Penulisan Dalam Bahasa Jepang

Sebagaimana yag telah diuraikan diatas, metode penulisan dalam bahasa Jepang menggabungkan huruf / karakter sebagai berikut :

1. Hiragana
Hiragana adalah kumpulan simbol-simbol yang dapat dikatakan mewakili alfabet dalam bahasa Jepang. Berbeda halnya dengan alfabet latin yang kita kenal, hiragana terdiri dari seluruh suku kata, dan masing-masing suku kata memiliki nama yang sama dengan suara yang diwakilinya. Hiragana dapat digunakan untuk mengeja setiap kata dalam bahasa Jepang. Buku untuk anak-anak umumnya ditulis dalam hiragana. 

Seperti apakah huruf / karakter higarana itu? Pada tabel dibawah ini ditampilkan bentuk dari huruf hiragana berikut cara pengucapannya.




2. Katakana
Katakana digunakan untuk kata-kata asing yang telah diimpor ke Jepang. Seperti halnya dengan hiragana, katakanaitu adalah satu kumpulan suku kata yang digunakan untuk mengeja kata-kata. Sebagian besar suara yang diwakilinya juga sama seperti dalam hiragana. Jika nama Anda bukanlah orang Jepang, maka dengan katakana inilah digunakan untuk penulisan nama orang yang bukan merupakan orang asli Jepang. Kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti untuk mengeja huruf kanji yang tergolong "sulit" sebagai sebuah  penekanan. Kemudian juga nama hewan dan buah-buahan sering ditulis dalam katakana. Katakana memiliki tampilan lebih tajam dari hiragana dan sering digunakan untuk penekanan, khususnya pada sub-sub judul untuk program di televisi.

Seperti apakah huruf / karakter higarana itu? Pada tabel dibawah ini ditampilkan bentuk dari huruf katakana berikut cara pengucapannya.



3. Kanji
Kanji adalah seperangkat simbol yang berasal dari sistem penulisan bahasa Cina. Masing-masing simbol tersebut mewakili satu atau lebih suku kata didalamnya, namun tidak seperti hanya mengeja kata, simbol-simbol ini juga memiliki makna sendiri. Bahkan jika ada dua kata yang dieja memiliki sama bunyi dan dengan  makna yang berbeda, maka kanji yang digunakannya pun akan berbeda.

Kanji dapat digunakan dalam satu senyawa dan dalam hubungannya dengan dua sistem penulisan yang tersebut diatas. Untuk dapat membaca koran berbahasa Jepang, Anda harus hafl dan mengetahui setidaknya 1945 karakter atau huru kanji, hiragana dan katakana. Dan huruf-huruf ini diajarkan pada mulai dari tngkat pendidikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Seperti apakah huruf / karakter kanji itu? Ada 80 karakter atau huruf kanji yang harus dihafal dan dipelajari oleh murid-murid kelas 1 Sekolah Dasar di Jepang, yaitu sebagaimana yang ditampilkan pada tabel dibawah ini.
 Demikian artikel mengenai pengenalan metode penulisan dalam bahasa Jepang, semoga bermanfaat.





Informasi Artikel:
Deskripsi: Pengenalan Metode Penulisan Dalam Bahasa Jepang
Diulas oleh: Blog Jasa Penerjemahan
Ulasan: Mengenal huruf-huruf hiragana, katakana dan kanji
Rating: 5