Fasilitas Penerjemahan Otomatis di Gmail

penerjemah otomatis
Tidak habis-habisnya Google berupaya mengembangkan berbagai sumber dayanya untuk mencapai mimpinya menjadi raksasa di bidang teknologi informasi. Sebagaimana yang mungkin Anda juga telah ketahui bersama, baru-baru ini tepatnya pada awal bulan Mei 2012 ini, salah satu produk Google yang paling banyak digunakan orang diseluruh dunia yaitu Google Mail (Gmail) telah dilengkapi dengan fasilitas penerjemahan otomatis yang mampu menerjemahkan pesan email dari satu bahasa ke bahasa lain, layaknya produk Google Translate. Sebelumnya, fasilitas penerjemahan otomatis di Gmail ini hanyalah sebuah proyek percobaan di Gmail Labs. Namun pada kenyataannya Google telah ‘meluluskannya’ untuk digunakan di salah produknya yaitu Google Mail.

Penggunaan fasilitas ini pun sangatlah mudah, semudah Anda menggunakan Google Translate. Misalnya,  Anda mendapat Email dalam bahasa Jepang, dengan fasilitas ini Anda akan dapat memahami isi email tersebut hanya dengan hitungan detik.



Fasilitas penerjemahan otomatis (Automatic Message) ini pada awalnya baru dikembangkan secara terbatas di Gmail Lab pada Mei 2009 yang kemudian menjadi populer dikalangan pebisnis yang memang merupakan pengguna Google Mail. Rencananya fasilitas ini akan diluncurkan secara bertahap. Jeff Chin, Product Manager dari Google Translate, berjanji dalam beberapa hari kedepan fasilitas penerjemahan otomatis tersebut akan tersedia bagi seluruh pengguna Gmail.

Sebagaimana yang diungkapkan Jeff Chin dalam blog resminya :
Beberapa orang ingin dengan mudah membaca surat dari luar negeri. Sementara ada pengguna yang mengatakan kepada kami dia ingin menerjemahkan semua email ibunya ke dalam bahasa asli sang ibu,

Kedepannya, fasilitas penerjemahan otomatis kemungkinan akan berupa sebuah tombol translate yang terletak dibawah judul email. Sekali Anda mengklik tombol tersebut, maka secara otomatis sebuah email akan diterjemahkan ke bahasa yang Anda dengan cepat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah memanfaatkan fasilitas penerjemahan otomatis pada Google ini? 




Informasi Artikel:
Deskripsi: Fasilitas Penerjemahan Otomatis di Gmail
Diulas oleh: Blog Jasa Penerjemahan
Ulasan: Fitur penerjemahan otomatis di Google Mail
Rating: 4.5